Silabus Pembelajaran Fikih Kelas V Mi Maralleng


SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah       
Mata Pelajaran           : Fikih                                  
Kelas                            : V (Lima)
Semester                       : 1 (Ganjil)               

Kompetensi Inti            :
KI-1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai  ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3
(4)
(5)
(6)
1.1.       Meyakini bahwa bersuci adalah perintah Allah


Menanamkan keyakinan akan  nilai-nilai kebenaran bersuci adalah perintah Allah
Non Tes
-       Observasi
-       Penilaian Diri
-       Penilaian antar siswa
-       Jurnal


2.1    Membiasakan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perintah bersuci dari haid

Membimbing pembiasaan sikap bersih dan rapi sebagai implementasi pemahaman terhadap perintah bersuci dari haid
Non Tes
-       Observasi
-       Penilaian Diri
-       Penilaian antar siswa
-       Jurnal




3.1         Memahami mandi wajib setelah haid

4.1         Mensimulasikan mandi wajib setelah haid

Bersuci Dari Haid   

Mengamati
-          Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada buku siswa.
-          Mendengarkan  uraian guru tentang macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid

Menanya
-       Menanyakan  macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
-       Memberi kan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman sekelas
-       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang macam macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid

Mengeksplorasi
-       Menentukan sumber informasi  yang berkaitan dengan  macam- macam  bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
-       Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang macam -macam  bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid

Mengasosiasikan
-          Mencari hubungan  antara macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
-          Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan  macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid

Mengkomunikasikan
-        Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
-        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
-        Mensimulasikan tata cara bersuci dari haid
-       Tulis
-       Lisan
-       Penugasan
-       Unjuk Kerja
-       Proyek
-       Produk
-       Portofolio
9 TM
(18x35)
-      Al-Quranul Karim
-      Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
-      Buku fikih sunah
-      Buku fikih Sulaiman Rasyid
-      Buku penunjang lainnya  yang relevan
-      Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajaran












 1.2  Menerima ketentuan khitan


Menanamkan nilai-nilai dari ajaran perintah dan ketentuan khitan  dalam kehidupan sehari-hari

Non Tes
-       Observasi
-       Penilaian Diri
-       Penilaian antar siswa
-       Jurnal


1.3     Membiasakan perilaku tanggung jawab dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman  terhadap ketentuan khitan

Membimbing kepemilikan  sikap tanggung jawab percaya diri sebagai implementasi perintah dan ketentuan khitan
Non Tes
-       Observasi
-       Penilaian Diri
-       Penilaian antar siswa
-       Jurnal



1.4  Memahami ketentuan khitan

1.5     Mensimulasikan pelaksanaan khitan

Khitan
Mengamati
-          Mengamati ilustrasi gambar yang berkaitan dengan materi yang dibahas
-          Mendengarkan  uraian  guru tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan

Menanya
-         Menanyakan  pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
-         Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan

Mengeksplorasi
-         Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
-         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan

Mengasosiasikan
-          Mencari hubungan  antara pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
-          Menganalisis hasil temuannya yang  berkaitan dengan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan

Mengkomunikasikan
-         Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
-         Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
-         Menceritakan kisah disyaratkannya khitan kepada Nabi Ibrahim
-         Mensimulasikan tata cara khitan
-       Tulis
-       Lisan
-       Penugasan
-       Unjuk Kerja
-       Proyek
-       Produk
-       Portofolio
5 TM
(10x35)
-      Al-Quranul Karim
-      Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag RI, 2014
-      Buku fikih sunah
-      Buku fikih Sulaiman Rasyid
-      Buku penunjang lainnya  yang relevan
-      Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajaran










                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
                                                                                                                                                                                        Maralleng 08 Agustus 2018

Mengetahui                                                                                                                                                             
Kepala  Madrasah                                         Dosen Pembimbing                                            Guru Pamong                                Mahasiswa PPL





Hj. Subaedah Nurdin, S.Pd.I                       Drs. Sardiman Syarif, M.Pd                            Asriani,S.Pd.I                           Wahyuddin
NIP: 1976 0507 200501 3 003                                                                                                   NIGB.999 009 040                   NIM/NIMKO:1501088/8132115088



Artikel Terkait