SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas : V (Lima)
Semester : 1 (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI-1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
|
|||||
KI-2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
|||||
KI-3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
|
|||||
KI-4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
(1)
|
(2)
|
(3
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||
1.1. Meyakini bahwa bersuci adalah perintah Allah
|
|
Menanamkan keyakinan akan nilai-nilai kebenaran bersuci adalah perintah Allah
|
Non Tes
-
Observasi
-
Penilaian Diri
-
Penilaian antar siswa
-
Jurnal
|
|
|
||
2.1 Membiasakan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman
terhadap perintah bersuci dari haid
|
|
Membimbing pembiasaan
sikap bersih dan rapi
sebagai implementasi pemahaman terhadap perintah bersuci dari haid
|
Non Tes
-
Observasi
-
Penilaian Diri
-
Penilaian antar siswa
-
Jurnal
|
|
|
||
3.1
Memahami mandi wajib setelah haid
4.1
Mensimulasikan mandi wajib setelah haid
|
Bersuci Dari Haid
|
Mengamati
-
Mengamati
ilustrasi gambar yang terdapat pada buku siswa.
-
Mendengarkan uraian guru tentang macam-
macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu ,
ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
Menanya
-
Menanyakan macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian,
dalil, waktu , ketentuan , tata
cara dan hikmah bersuci dari
haid
-
Memberi kan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh
guru atau teman sekelas
-
Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan
guru tentang macam macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian,
dalil, waktu , ketentuan , tata
cara dan hikmah bersuci dari
haid
Mengeksplorasi
-
Menentukan sumber informasi yang berkaitan dengan macam-
macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian,
dalil, waktu , ketentuan , tata
cara dan hikmah bersuci dari
haid
-
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk
buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian,
dalil, waktu , ketentuan , tata
cara dan hikmah bersuci dari
haid
Mengasosiasikan
-
Mencari hubungan
antara macam- macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian,
dalil, waktu , ketentuan , tata
cara dan hikmah bersuci dari
haid dengan aspek sosial
budaya dalam kehidupan sehari-hari
-
Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam-
macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan
atau wawancara di lapangan
-
Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang macam -macam bersuci , tanda-tanda balig , pengertian, dalil, waktu , ketentuan , tata cara dan hikmah bersuci dari haid
-
Mensimulasikan
tata cara bersuci dari haid
|
-
Tulis
-
Lisan
-
Penugasan
-
Unjuk Kerja
-
Proyek
-
Produk
-
Portofolio
|
9 TM
(18x35)
|
-
Al-Quranul Karim
-
Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag
RI, 2014
-
Buku fikih sunah
-
Buku fikih
Sulaiman Rasyid
-
Buku penunjang lainnya yang relevan
-
Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajaran
|
||
1.2
Menerima ketentuan khitan
|
|
Menanamkan
nilai-nilai dari
ajaran perintah dan ketentuan khitan dalam
kehidupan sehari-hari
|
Non Tes
-
Observasi
-
Penilaian Diri
-
Penilaian antar siswa
-
Jurnal
|
|
|
||
1.3 Membiasakan
perilaku tanggung jawab dan percaya diri sebagai implementasi dari
pemahaman terhadap ketentuan khitan
|
|
Membimbing kepemilikan sikap tanggung jawab percaya diri sebagai
implementasi perintah dan ketentuan khitan
|
Non Tes
-
Observasi
-
Penilaian Diri
-
Penilaian antar siswa
-
Jurnal
|
|
|
||
1.4 Memahami
ketentuan khitan
1.5 Mensimulasikan
pelaksanaan khitan
|
Khitan
|
Mengamati
-
Mengamati
ilustrasi gambar yang berkaitan dengan materi yang dibahas
-
Mendengarkan uraian guru tentang pengertian,
dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Menanya
-
Menanyakan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata
cara khitan
-
Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan
guru tentang pengertian, dalil, hikmah,
ketentuan dan tata cara khitan
Mengeksplorasi
-
Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata
cara khitan
-
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk
buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Mengasosiasikan
-
Mencari hubungan
antara pengertian, dalil,
hikmah, ketentuan dan tata cara khitan dengan aspek sosial budaya
dalam kehidupan sehari-hari
-
Menganalisis hasil temuannya yang berkaitan dengan pengertian, dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan
atau wawancara di lapangan
-
Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang pengertian,
dalil, hikmah, ketentuan dan tata cara khitan
-
Menceritakan kisah
disyaratkannya khitan kepada Nabi Ibrahim
-
Mensimulasikan
tata cara khitan
|
-
Tulis
-
Lisan
-
Penugasan
-
Unjuk Kerja
-
Proyek
-
Produk
-
Portofolio
|
5 TM
(10x35)
|
-
Al-Quranul Karim
-
Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V, Kemenag
RI, 2014
-
Buku fikih sunah
-
Buku fikih
Sulaiman Rasyid
-
Buku penunjang lainnya yang relevan
-
Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajaran
|
||
Maralleng 08 Agustus 2018
Mengetahui
Kepala Madrasah Dosen Pembimbing Guru Pamong Mahasiswa PPL
Hj. Subaedah Nurdin, S.Pd.I Drs. Sardiman Syarif, M.Pd Asriani,S.Pd.I Wahyuddin
NIP:
1976 0507 200501 3 003
NIGB.999 009 040 NIM/NIMKO:1501088/8132115088