MAKALAH MAKKIH DAN MADANI

 BAB 1

PENDAHULUAN


A.LATAR BELAKANG

      Ilmu Makki dan Madani adalah ilmu yang membahas ihwal bagian al-Qur’an yang Makki dan bagian yang Madani, baik dari segi arti dan maknanya, cara-cara mengetahuinya, atau tanda masing-masingnya, maupun macam-macamnya. Sedangkan yang di maksud dengan Makki dan Madani ialah bagian-bagian kitab suci al-Qur’an, dimana ada sebagiannya termasuk Makki dan ada yang termasuk Madani.

Para ulama’ sangat memperhatikan al-Qur’an dengan cermat dimana mereka menartilkan surah-surah sesuai dengan tempatnya. Namun suatu surah tidak bisa di tempatkan begitu saja di bagian Makki dan Madani sebelum mengetahui jelas ciri-ciri antara keduanya.

Dari sini pemakalah mencoba untuk mengulas lebih lanjut dalam persoalan menetapkan mengetahui dan memahami, mana surah yang termasuk bagian Makki dan mana surah yang termasuk bagian Madani.


B. RUMUSAN MASALAH

        1.     Apa pengertian Makki dan Madani ?

        2.    Apa karakteristik Makkiah dan Madaniah ?

        3.   Apa Faedah Mengetahui Makki dan Madani ?


C.TUJUAN PENULISAN

        1.      Mengetahui Pengertian Maki dan Madani.

        2.      Mengetahui karakteristik Mkiah dan Madaniah

        3.      Faedah Makki daan Madani.

           

          






BAB II

PEMBAHASAN

                                                                                                    

A.     PENGERTIAN MAKKI DAN MADANI


            Untuk mendefinisikan atau memberikan ceriteria bagian mana yang Makki dan bagian mana yang Madani para ulama meneliti Qur’an dengan cara melalui ayat demi ayat dan dari surah demi surah untuk di tertibkan sesuai dengan nuzulnya. Dengan memperhatikan waktu, tempat dan pola kalimat bahkan lebih dari itu mereka mengumpulkan antara waktu, tempat dan pola kalimat. Cara demikian merupakan ketentuan cermat yang memberikan kepada peneliti objektif. Gambaran mengenai penyelidikan ilmiah tentang ilmu makki dan madani.

            Para ulama memperhatikan Qur’an dengan cermat mereka menertibkan surah-surah sesuai dengan tempat turunnya mereka mengatakan misalnya “surah ini diturunkan setelah surah itu.” Dan lebih cermat lagi sehingga mereka membedakan antara yang diturunkan dimalam hari dengan yang di turunkan di siang hari, antara yang diturunkan di musim panas dengan diturunkan di musim dingin dan antara yang diturunkan waktu sedang berada dirumah dengan yang diturunkan saat bepergian. Untuk mengetahui dan menentukan makki dan madani para ulama juga bersandar pada dua cara utama .Manhaj sima`i naqli ( metode pendengaran seperti apa adanya ) dan Manhaj qiyasi ijtihadi ( menganalogikan dan ijtihad ).

        1 . Cara sima'i naqli

              didasarkan pada riwayat sahih dari para sahabat yang hidup pada saat itu dan     

 menyaksikan turunnya wahyu atau dari para tabi`in yag menerima dan mendengar dari para sahabat sebagaiamana, dimana dan peristiwa apa yang berkaitan dengan turunnya wahyu itu. Sebagian besar penentuan makki dan madani itu didasarkan pada cara pertama.

        2.  Cara qiysi ijtihadi

            didasarkan pada ciri-ciri makki dan madani. Apabila dalam surah makki terdapat suatu ayat yang mengandung ayat madani atau mengandung persitiwa madani, maka dikatakan bahwa ayat itu madani dan sebaliknya. Bila dalam satu surah terdapat ciri-ciri makki, maka surah itu dinamakan surah makki. Juga sebaliknya.


Beberapa contoh:

            Bebrapa ulama berpendapat bahwa yang paling mendekati kebenaran tentang bilangan surah- surah Makki dan Madani ialah bahwa yang termasuk surah madaniah ada 20 surah :

         1.      Al- baqarah                       8.   Al- Hujarat                                 15.   Al- Ahzab    

   2.      Ali Imran                          9.   Al- Hadid                                   16. Muhammad     

   3.      An-Nisa                           10.  Al- mujadalah                            17.   Al- Fath

   4.      Al- Ma’idah                     11.  Al- Hasyr                                   18.   At- Talak  

         5.      Al- Anfal                         12.  Al- Mumtahanah                        19.   An- Nasr.      

         6.      At- Taubah                      13.  Al- Jumu’ah                                20.   At- Tahrim

              7.      An- Nur                           14.  Al- Munafikun  

    

Makki adalah surah atau ayat yang diturunkan sebelum hijrah meskipun bukan di makah,sebab turunya di mekah dan sekitarnya, seperti di Mina, Arafah dan hudaibiyah. sedangkan madani adalah yang diturunkan sesudah hijrah sekalipun bukan di madinah, yang diturunkan sesudah hijrah sekalipun di mekkah atau arafah adalah madani seperti yang diturunkan pada tahun penaklukan kota makkah. yang turun di Madinah dan sekitarnya, seperti Uhud, Quba dan sil. Pendapat ini mengakibatkan tidak adanya pembagian secara konkrit yang mendua sebab yang turun dalam perjalanan di tabuk dan di baitul Makdis tidak termasuk kedalam salah satu bagiannya sehingga ia tidak dinamakan Makki dan tidak juga Madani. Juga mengakibatkan bahwa yang diturunkan di mekkah sesudah hijrah di sebut Makki. Dari segi sasarannya. Makki adalah yang seruannya di tunjukan kepada penduduk mekah dan madani adalah yang seruannya di tunjukan kepada penduduk madina. Berdasarkan pendapat ini para pendukungnya mengatakan bahwa Ayat al-qur;an yang mengandung seruan (nida) “ya ayyuhan nas” (wahai manusia) adalah makki. Sedangkan ayat yang mengandung seruan (nida) “ya ayyuhal lazina amanu” (wahai orang-orang yang beriman) adalah madani.







B.      KARAKTERISTIK MAKKI DAN MADANI.


            Para ulama telah meneliti surah surah makki dan madani dan menyimpulkan beberapa ketentuan analogis bagi keduanya yang menerangkan ciri-ciri khas gaya bahasa dan persoalan persoalan yang dibicarakannya. Disitu mereka dapat menghasilkan kaidah kaidah dengan ciri tersebut.


a). Ketentuan maki dan ciri khas Temanya:

               1.      Setiap surah yang didalamnya mengandung “sajdah” maka surah itu Makki.

               2.      Setiap surah yang mengandung lafal “kalla”, berarti Makki.

         3.      Setiap surah yang mengandung kalimat “nida” (panggilan)

               4.      Setiap surah yang mengandung kisah para nabi dan umat terdahulu adalah                           Makki, kecuali surah Al- baqarah.

               5.      Setiap surah yang mengandung kisah Nabi Adam dan Iblis adalah Makki,                   kecuali  surah Al-baqarah.

               6.      Setiap surah yang dibuka dengan huruf – huruf singkatan, seperti Alif Lam                   Mim, Alif Lam Ra, Ha Mim dan lainnya, adalah Makki. Kecuali surah Al-                   Baqarahh, Ali Imran. Sedangkan surah Ar- Rad masih di perselisihkan.

b). Ketetntuan Madani dan ciri khas Temanya:

                 1.      Setiap surah yang berisi kewajiban atau had (sanksi) adalah Madani.

                 2.      Setiap surah yang didalamnya disebutkan orang-orang munafik adalah                      madani, kecuali surah al-‘Ankabut adalah Makki.

                 3.      Setiap surah didalamnya terdapat dialog dengan ahli kitab adalah madani.

 










C.     FAEDAH MENGETAHUI MAKKI DAN MADANI.


 Pengetahuan tentang maki dan madani banyak faedahnya, diantaranya yaitu:

a)       Untuk dijadikan alat bantu dalam menafsirkan Qur’an, sebab pengetahuan mengenai   

tempat turunnya ayat dapat membantu memahami ayat tersebut dan menafsirkannya dengan tafsiran yang benar, sekalipun yang menjadi pegangan adalah pengertian ilmu lafadz, bukan sebab yang khusus. Berdasarkan hal itu seorang penafsir dapat membedakan antara ayat yang nasikh dengan yang masukh bila diantara kedua ayat terdapat makna yang kontradiktif. Yang datang kemudian tentu merupakan nasikh atas yang terdahulu.

b)       Meresapi gaya bahasa Al- Qur’an dan memanfaatkannya dalam metode berdakwah menuju 

jalan Allah, sebab setiap situasi mempunyai bahasa tersendiri. Memperhatikan apa yang dikehendaki oleh situasi, merupakan arti paling khusus dalam ilmu retorika. Karakteristik gaya bahasa Makki dan Madani dalam Qur’an pu memberikan kepada orang yang mempelajarinya sebuah metode dalam penyampaian dakwah ke jalan Allah yang sesuai dengan kejiwaan lawan berbicara dan menguasai pikiran dan perasaannya serta menguasai pikiran dan perasaannya serta mengatasi apa yang ada dalam dirinya dengan penuhkebijaksanaan. Setiap tahapan dakwah mempunyai topik dan pola penyampaian tersendiri. Pola penyampaian itu berbeda- beda, sesuai dengan perbedaan tata cara, keyakinan dan kondisi lingkungan. Hal yang demikian nampak jelas dalam berbagai cara Qur’an menyeru berbagai golongan: Orang yang Beriman, yang Musyrik, yang munafik, dan Ahli kitab.

c)       Mengetahui sejarah hidup Nabi melalui ayat- ayat Qur’an, sebab turunnya Wahyu kepada 

Rosulallah sejalan dengan sejarah dakwah  dengan segala peristiwa, baik pada periode Mekah maupun periode Medinah, sejak permulaan turun wahyu hingga ayat terakhir diturunkan. Qur’an adalah sumber pokok bagi peri hidup Rasulallah. Peri hidup beliau yang diriwayatkan ahli sejarah harus sesuai dengan Qur’an; Qur’an pun memberikan kata putus terhadap perbedaan riwayat yang mereka riwayatkan.


Artikel Terkait